Fuji Speedway Sumber Inspirasi Lexus Sport

Fuji Speedway dibangun oleh Mitsubishi Estate Co di Aoyama, Provinsi Shizuoka! dan diperkenalkan kepada publik pada 1963.

Fuji Speedway Sumber Inspirasi Lexus Sport
seriouswheels.com
Mobil Lexus LFA Sport. 

WARTA KOTA, OSAKA - Barangkali tidak banyak orang yang tahu, arti huruf  F pada body samping kiri setiap mobil mewah bergaya sporty buatan Toyota Motor Corp (TMC), Lexus.  

Huruf F tersebut merupakan identitas Lexus varian sport dengan karakter mobil balap.

"Seperti halnya Lexus memiliki spindle grille sebagai 'mojo'-nya, Fuji Speedway juga memiliki mojo (jimat) yang kemudian menginspirasi divisi F dari Lexus," kata Vice President Prinsipal Lexus Indonesia, Widyawati, di Osaka, Jepang, Jumat.

Mojo Fuji Speedway itu adalah salah satu dari 12 tingkungan, yang menjadi kekhasan sirkut di lembah Gunung Fuji itu. Tikungan tajam yang terletak setelah lintasan lurus sepanjang 1,5 km itu dikenal dengan 27R.

Biasanya setelah berakselerasi penuh dengan kecepatan tinggi (pada lintasan itu), kendaraan dituntut untuk melakukan pengereman ekstrim agar tercapai kecepatan dan stabilitas yang ideal untuk melakukan manuver (menikung) ke kanan.

Hal itulah menginsipirasi pengembangan Lexus varian F yang meskipun memiliki DNA balap, namun tetap harus menyenangkan saat  dikendarai (fun to drive).

"Prinsipnya Lexus (F) juga harus tetap  menyenangkan dikendarai, baik pada stir, pengereman, maupun suspensi," kata Chief Engineer Lexus IS 350 F Junichi Furuyama.

Ikatan emosional antara Fuji Speedway dengan tikungan khasnya itu terus dibawa Lexus, dengan menyematkan huruf F pada varian sportnya.
  
Fuji Speedway dibangun oleh Mitsubishi Estate Co di Aoyama, Provinsi Shizuoka! dan diperkenalkan kepada publik pada 1963. Tujuan awal pembangunan sirkuit itu adalah menyelenggarakan balapan NASCAR di Jepang.

Sirkut sepanjang 4.563 km itu yang diakuisisi TMC pada tahun 2.000  juga menjadi saksi bisu pertarungan ketat Niki Lauda dan James Hunt di  ajang Formula 1 tahun 1976. (Antara)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved