Piala Dunia

Mandzukic dan Srna Pimpin Kroasia ke Piala Dunia

Kroasia mencapai putaran final Piala Dunia tahun depan, setelah gol-gol dari penyerang Mario Mandzukic dan kapten Darijo Srna

Mandzukic dan Srna Pimpin Kroasia ke Piala Dunia
Tribunnews.com
Timnas Krosia. 

WARTA KOTA, ZAGREB - Kroasia mencapai putaran final Piala Dunia tahun depan, setelah gol-gol dari penyerang Mario Mandzukic dan kapten Darijo Srna mengamankan kemenangan agregat 2-0 atas Islandia pada pertandinganplayoff kedua Selasa.

Mandzukic membuka keunggulan melalui gol pada menit ke-27 namun ia diusir keluar lapangan akibat pelanggarannya terhadap Johann Gudmundsson beberapa saat sebelum turun minum, sehingga meningkatkan kekhawatiran bahwa Kroasia dapat gagal menembus turnamen tahun depan setelah absen pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Namun tim tuan rumah tidak melemah meski kalah jumlah pemain, dan Srna menambahi gol kedua dua menit setelah turun minum, melalui tembakan mendatar dari jarak 15 meter saat ia bergerak memotong di sektor kanan setelah berlari dan mendapat umpan dari gelandang Mateo Kovacic.

Kovacic menyia-nyiakan peluang ketika kiper Islandia Hannes Halldorsson membelokkan tembakannya ke tiang gawang, dan sepakan "overhead" Ivica Olic membentur mistar gawang ketika Kroasia menaikkan gigi untuk mengakhiri harapan Islandia agar dapat lolos untuk pertama kalinya ke turnamen utama.

Menyusul penampilan standar pada pertandingan pertama yang tidak berbuah gol di Reykjavik pada Jumat, Kroasia yang banyak berkembang nyaris membuka keunggulan pada menit pertama ketika tembakan Kovacic melambung di atas mistar gawang setelah ia mendapat umpan silang mendatar dari Luka Modric.

Mendapat dukungan dari 25.000 penonton tuan rumah, Kroasia banyak mengancam gawang Islandia dan sempat terkejut saat kiper Stipe Pletikosa harus menahan tembakan Gylfi Sigurdsson, di mana Alfred Finnbogason berada dalam kondisi offside saat ia menyambar bola pantul.

Halldorsson menepis tendangan bebas Srna pada babak pertama namun ia tidak berdaya pada menit ke-27, ketika Mandzukic memperlihatkan insting predator untuk memasukkan bola dari jarak dekat setelah mendapat umpan silang dari Ivan Rakitic di sektor kiri.

Mandzukic melihat tandukannya dibelokkan oleh kiper ke tiang gawang beberapa saat kemudian, namun ia tidak memberi pilihan kepada wasit asal Belanda Bjorn Kuipers selain mengusir dirinya, setelah ia melakukan tekel yang terarah ke arah pangkal paha Gudmondsson.

Penyelesaian Srna menghapus kecemasan Kroasia, dan dengan para pendukung tuan rumah menyanyikan nama pelatih Niko Kovac di Stadion Maksimir, tuan rumah gagal meraih kemenangan yang lebih besar karena Halldorsson mampu menahan beberapa tembakan berbahaya. (Antara)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved