Cegah Jadi Sapi Perah, BUMN Diminta Transaksi Nontunai

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta menunaikan transaksi pembayaran proyek secara nontunai atau lewat perbankan.

Cegah Jadi Sapi Perah, BUMN Diminta Transaksi Nontunai
Tribunnews.com

WARTA KOTA, DEPOK - Agar tidak menjadi sapi perahan pada pemilihan umum 2014, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta menunaikan transaksi pembayaran proyek secara nontunai atau lewat perbankan.

"Kami sudah bertemu dengan Menteri BUMN Pak Dahlan. Beliau pun sudah siap melakukannya. Beliau mau bersih-bersih," kata Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Hadi Poernomo usai memberikan kuliah umum di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Senin (18/11).

Menurut Hadi, dalam kesempatan bertemu Menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut, dia telah diminta Dahlan memerintahkan gubernur di pulau Jawa untuk tidak menggunakan uang tunai dalam transaksi proyek.

Dengan transaksi non cash, dapat dipastikan kebenaran jumlah transaksinya dan memastikan sumber transaksi serta kelengkapan atas transaksi yang masuk Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Jika laporan sudah masuk KPPN, maka BPK dapat membuat laporan keuangan tandingan dari Kementerian Lembaga dari setiap pemerintah daerah. Saat ini transaksi keuangan pemerintah pusat sudah terkumpul di 177 KPPN.

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help