Philips Sediakan Dana Rp 1,5 Milyar untuk Ide yang Inovatif

Philips membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menyumbangkan ide yang dapat berguna bagi kehidupan masyarakat luas.

Philips Sediakan Dana Rp 1,5 Milyar untuk Ide yang Inovatif
Warta Kota/Syahrul Munir
Konferensi Pers Philips Inovasi Penuh Makna untuk Anda 

WARTA KOTA, SENAYAN - Philips membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menyumbangkan ide yang dapat berguna bagi kehidupan masyarakat luas.

Program "Inovasi Penuh Makna Untuk Anda" merupakan program kompetisi penjaringan ide yang dicanangkan Philips untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bermitra dengan Philips dan para stakeholder dalam merealisasikan idenya bagi kepentingan bersama.

Tahun ini, program tersebut mengangkat tiga tema sekaligus yaitu, pengembangan daerah pedesaan yang berkelanjutan, meningkatkan akses layanan kesehatan, dan inovasi dalam membantu ibu merawat keluarga. Peserta dapat menyumbang ide untuk salah satu tema tersebut atau untuk ketiganya.

"Selama ini masyarakat Indonesia mengetahui Philips hanya sebatas produsen lampu, alat-alat elektronik, dan sebagainya. Tapi, Philips lebih dari itu. Philips siap mendengarkan aspirasi konsumen. Dengan program Inovasi Penuh Makna Untuk Anda, kami berharap masyarakat dapat menyuarakan aspirasi mereka sesuai dengan kebutuhan yang memang sedang diperlukan," ujar Chatrine Siswoyo, Corporate Communications Manager, PT. Philips Indonesia saat memberikan sosialiasi program di Bakerzin Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

Program ini telah berlangsung sejak 1 September 2013 dan diperpanjang hingga 30 November 2013 mendatang, yang seharusnya sudah ditutup sejak 16 November 2013.

Perpanjangan waktu pengumpulan ide ini dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat, yang ditunjukkan dengan terkumpulnya sekitar lebih dari 2.900 ide selama 5 minggu penyelenggaraan.

"Melihat antusias masyarakat Indonesia dalam mengikuti program ini lewat website kami di philips.to/inovasi, Philips akhirnya memutuskan untuk memperpanjang tahap pencarian ide agar masyarakat yang belum sempat ikut dan bagi yang masih ingin menyumbangkan idenya untuk Indonesia lebih baik, masih memiliki kesempatan untuk idenya direalisasikan oleh Philips," lanjutnya.

Philips akan memulai penjurian terhadap seluruh ide yang masuk dan menentukan 1 pemenang setiap minggunya. Akan ada 45 pemenang mingguan yang kemudian akan dipilih 12 ide pemenang yang akan masuk ke tahap voting. Voting akan dimulai pada 19 - 23 Desember 2013 melalui website philips.to/inovasi dan akun facebook Philips.

Dua ide yang terpilih melalui voting akan menerima pembiayaan masing-masing Rp 750 juta untuk merealisasikan idenya. Selain itu, dua orang pemenang tersebut juga akan menerima voucher produk Philips senilai Rp 25 juta.

Sebelumnya, pada tahun 2011 Philips telah berhasil merealisasikan tiga ide ; halte bus hemat energi di Jakarta, membawa koki ke sekolah untuk mengedukasi membuat makanan sehat pada penjual di kantin bersama Chef Billy Kalangi, dan merilis aplikasi "Spot It Yourself" untuk memberikan edukasi mengenai kanker payudara.

Aplikasi "Spot It Yourself" bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia dan dapat diunduh pada aplikasi smartphone.
"Ketiga program yang telah direalisasikan pada tahun 2011 ini, sampai sekarang masih terus berlanjut. Seperti salah halte bus hemat energi yang ada di kawasan Sudirman, sudah kami lengkapi dengan LED dan solar cell sehingga menghemat energi hingga 40 persen," ujar Chatrine.

Menurut Chatrine, program Philips untuk saat ini hanya dilakukan pada negara-negara di Asia dan hingga saat ini Indonesia masih memimpin dalam hal partisipasinya.

"Tipe masyarakat di negara-negara Asia lainnya berbeda. Contohnya kalau masyarakat Thailand, mereka lebih senang langsung memilih ide yang telah disediakan. Kalau masyarakat Indonesia lebih caring dan kreatif sehingga senang menuliskan ide-ide untuk kepentingan bersama," tuturnya. (Rizky Sulaiman Salim)

Editor: Dian Anditya Mutiara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved