UMK Kota Depok Diprediksi Naik Rp158 Ribu

"Tuntutannya kan sama dengan UMP DKI Jakarta. Kan tidak mungkin, berarti di Depok di bawah DKI Jakarta," tuturnya.

UMK Kota Depok Diprediksi Naik Rp158 Ribu
Tribunnews.com

Laporan Reporter Warta Kota, Dody Hasanuddin

WARTA KOTA, DEPOK - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Depok, Inu Kertapati Harahap, menyatakan Upah Minimum Kota (UMK) Depok 2014 diprediksi naik Rp158 ribu dari UKM 2013 Rp2.042.000.

Pernyataan itu dilontarkan Inu menanggapi Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang telah menetapkan UMP 2014 Rp2,4 juta atau naik Rp200 ribu dari UPM 2013. "Tuntutannya kan sama dengan UMP DKI Jakarta. Kan tidak mungkin, berarti di Depok di bawah DKI Jakarta," tuturnya, Jumat (1/11).

Menurut Inu, penetapan UMP DKI Jakarta berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) ditambah pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,62 persen. Tentunya cara penentuan UMP DKI Jakarta itu akan sama dengan Depok. Namun berbeda angka.

Untuk KHL, dia memprediki Rp2,1 juta lebih, sedangkan pertumbuhan ekonomi di Depok mencapai 6 persen. "Namun itu semua ditentukan oleh Dewan Pengupahan (DP). Mari kita menunggu DP aja," imbuhnya.

Dikatakan Inu,pihaknya masih membuka ruang negosiasi terhadap buruh dalam penentuan UMK Depok yang akan ditetapkan 20 November 2013.

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help