PDIP Ajak Pemuda Jadi Pelopor Perubahan

Memperingati HUT ke-85 Sumpah Pemuda, anggota DPRD DKI Dwi Rio Sambodo mengajak semua pemuda jadi pelopor perubahan.

PDIP Ajak Pemuda Jadi Pelopor Perubahan
Kompas.com
Sumpah Pemuda 

WARTA KOTA, JAKARTA - Memperingati HUT ke-85 Sumpah Pemuda, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Dwi Rio Sambodo mengajak semua pemuda khususnya di Jakarta untuk menjadi pelopor perubahan dalam mewujudkan Jakarta Baru.

Menurutnya Sumpah Pemuda adalah momentum yang telah membangun komitmen untuk bersatu di tengah hegemoni kolonialisme terhadap Indonesia dan membangun aktualisasi untuk pemuda.

"Dulu pemuda menyatakan tekad sebagai bangsa Indonesia karena ingin menghapus praktik kolonialisme sekaligus memerdekakan Indonesia," kara Rio dalam keterangan persnya, Senin (28/10/2013).

"Saat ini satu di antara tantangan terberat pemuda Indonesia adalah melawan kolonialisme dalam bentuk baru. Baik dalam bidang politik, ekonomi maupun kebudayaan. Termasuk perjuangan untuk menggelorakan gerakan nasionalisme yang makin tergerus oleh globalisasi kapitalisme," tambahnya.

Jakarta sebagai ibu kota negara dan kota megapolitan, kata Rio, membutuhkan sumbangsih pemikiran dan aksi nyata dari para pemuda.

"Para pemuda harus menjadi kekuatan pemersatu semua elemen yang ada di masyarakat. Ide-ide progresif dari kaum muda dibutuhkan untuk memajukan pembangunan bangsa termasuk dalam mengiringi gelombang perubahan pembangunan Jakarta guna lebih memihak pada kepentingan umum," tuturnya.

Mantan aktivis mahasiswa ini menilai para pemuda harus menjadi penjaga republik, penegak kemurnian ideologi atau jati diri bangsa, serta pemegang estafet kepemimpinan.

"Sudah saatnya para pemuda tampil ke permukaan menunjukkan eksistensi dan jati dirinya," ucapnya.

Penulis: Danang Setiaji
Editor: Lucky Oktaviano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help