Sebelas Ekor Anak Monyet Kembali Ditampung BKHI

Beberapa monyet lemas dan kurus. Beberapa lainnya dalam kondisi bulu tercukur dan diberi cat pilox warna-warni.

Sebelas Ekor Anak Monyet Kembali Ditampung BKHI
Tribunnews.com

Laporan Reporter Warta Kota, Dwi Rizki

WARTA KOTA, PASARMINGGU - Upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai target 'Bebas Topeng Monyet tahun 2014' kian terlihat. Sebelas ekor anak monyet kembali ditampung dan dikarantina Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) Ragunan hari ini, Jumat (25/10/2013).

Sebelas monyet berusia sekitar kurang dari delapan bulan itu adalah hasil razia yang digelar oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Timur di Kampung Monyet, tepatnya di belakang Pasar Pumpung, Prumpung, Cipinang, Jakarta Timur pada Kamis (24/10/2013) kemarin.

Kepala Balai Kesehatan Hewan dan Ikan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Aswindrastuti mengatakan, kondisi monyet tersebut memprihatinkan. Beberapa monyet lemas dan kurus. Beberapa lainnya dalam kondisi bulu tercukur dan diberi cat pilox warna-warni.

"Kemaren sore jam 17.30 ada tambahan 11 ekor lg. Semua dari Jakarta Timur, kemungkinan besar dari Kampung Monyet di cipinang. Waktu baru dateng kondisi mereka sama seperti 10 ekor kemaren, taringnya udah dicabut, padahal umurnya semuanya kurang dari 8 bulan," jelasnya saat ditemui Warta Kota di kantornya, Jumat (25/10/2013).

Lebih lanjut, diungkapkannya, kesebelas ekor anakan monyet ekor panjang tersebut langsung diperiksa secara klinis mulai dari bagian mata, telinga, jari-jari, mulut, temperatur, berat dan panjangnya. Keseluruhannya juga telah diambil sample darahnya.

"Jadi total monyet yang ada sekarang 21 ekor, semuanya sudah di tes kesehatannya, tapi untuk hasilnya baru bisa diketahui seminggu lagi," jelasnya.

Diungkapkannya, alasan mengapa hasil pemeriksaan bisa diterima dalam waktu seminggu karena masing-masing tahapan pemeriksaan memiliki jarak waktu pengujian yang berbeda.

Seperti misalnya pada pemeriksaan penyakit TBC, yakni dengan cara memasukan obat anti TB dengan dosis sebanyak 0,01 mg ke bagian bawah kelopak mata.

"Kalau positif TBC, nanti kelopak matanya akan membengkak dalam 3 hari. Itu baru satu tes, masih ada beberapa tes kesehatan lagi. Jadi memang butuh waktu sampai sekitar seminggu untuk pemeriksaan lengkap," jelasnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved