Piala Dunia 2014

Menang Besar Tapi Tersingkir

Denmark berhasil mengamankan tempat kedua dengan kemenangan telak 6-0 melawan Malta.

Menang Besar Tapi Tersingkir
Warta Kota/AFP
Tim Denmark 

WARTA KOTA, KOPENHAGEN - Denmark berhasil mengamankan tempat kedua dengan kemenangan telak 6-0 melawan Malta di depan publiknya sendiri, di Kopenhagen, Rabu (16/10). Tetapi keberhasilan itu tak cukup mengamankan satu tempat di babak playoff Piala Dunia 2014 Zona Eropa.

Tim berjuluk Dinamit itu memang tampak strong dalam beberapa laga terakhir. Sebelum mencukur Malta, Daniel Agger dan kawan-kawan berhasil menahan juara grup A Italia 2-2, mengalahkan Armenia 1-0, dan menekuk Malta dalam laga tandang 2-1. Namun itu saja tak cukup. Tambahan 10 poin hanya cukup menggeser posisi Republik Ceko diperingkat kedua klasemen akhir grup, namun memupuskan peluang mereka untuk tetap berharap meraih tiket Piala Dunia 2014 melalui babak playoff.

Secara keseluruhan Italia memimpin Grup A dengan 22 poin, tak pernah kalah dalam 10 laga. Denmark hanya memperoleh 16 poin atau unggul satu poin dari Republik Ceko. Poin yang diraih Denmark ternyata merupakan poin terkecil dibanding delapan tim runner-up lainnya.

Bahkan dengan dikurangi penghapusan poin melawan tim terbawah pada grup yang terdiri dari enam tim. Denmark tetap posisi terbawah. Penghapusan poin melawan tim terbawah adalah demi terjadi kesetaraan dengan Grup I yang hanya memiliki lima tim, yakni Spanyol, Perancis, Finlandia, Belarusia, dan Georgia. Sedang delapan grup lainnya beranggotakan enam tim.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Stadion Parken (Kopenhagen), Rabu (16/10), Denmark membuka kemenangan melalui gol Morten Rasmussen di menit 9. Berselang tiga menit, giliran Daniel Agger menggandakan keunggulan Denmark melalui tendangan penalti.

Pada menit 28, Andreas Bjelland, berhasil memaksimalkan umpan Peter Ankersen. Gol Agger menjadi penutup, juga melalui titik penalti, menutup keunggulan Denmark pada babak pertama menjadi 4-0.

Pada menit 74 babak kedua, Rasmussen berhasil membuat gawang Malta yang dikawal Justin Haber bertambah nestapa. Ia memanfaatkan umpan matang dari Michael Krrohn-Dehli. Sepuluh menit kemudian, Denmark memantapkan kemenangannya melalui gol Nicki Bille Nielsen yang kembali memaksimalkan operan Krohn-Dehli.

Para penonton pun bersorak, mereka seolah masih punya peluang lolos ke babak playoff karena finish di peringkat kedua. Andai Islandia gagal menahan Norwegia 1-1, mungkin Denmarklah yang lolos karena menang dalam selisih gol. Tapi nasi sudah jadi bubur. Mereka harus menerima kenyataan. (wit)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved