Redakan Perut Kembung dengan Pepaya

Menurut Dr. Mark Hyman, penulis buku The Blood Sugar Solution, buah utuh segar adalah obat paling kuat di bumi.

Palmerah, Wartakotalive.com

Menurut Dr. Mark Hyman, penulis buku The Blood Sugar Solution, buah utuh segar adalah obat paling kuat di bumi. Buah segar yang disantap utuh dapat membantu mengatur setiap fungsi biologis dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan baru-baru saja menunjukkan, tidak hanya apa yang dimakan tetapi kapan waktu memakannya juga penting untuk mendapatkan manfaat dari buah tersebut.

Saat perut sedang kembung misalnya, menyantap sejumlah buah bisa membantu mengatasi masalah tersebut. "Mengonsumsi makanan seperti melon, ketimun, maupun seledri, menjadi cara yang baik untuk membersihkan sistem pencernaan Anda," ujar Elizabeth Somer, dietisi dan penulis buku Food & Mood seperti dilansir CNN Health.

Buah dan sayur tersebut tergolong tinggi kandungan air yang akan membantu mengatasi perut kembung. Penjelasan lain yang juga diberikan oleh Elizabeth adalah ketika terlalu banyak mengonsumsi sodium alias garam, tubuh akan menahan air guna mengencerkan darah ke konsentrasi sodium yang bisa ditangani.

Nah, mengonsumsi sumber makanan tinggi kandungan air ini, akan membantu proses pengenceran tersebut. Sehingga pada akhirnya, tubuh dapat mengeluarkan kelebihan garam dan air.

Selain mengasup buah dan sayur kaya air, menyantap pepaya juga dapat membantu meredakan perut yang terasa begah. Kembung ini sebenarnya bisa menjadi tanda bahwa usus sedang mengalami masalah.

"Bila setelah makan timbul gas, santap pepaya saja. Demikian saran dari Dr. Dharma Singh Khalsa, penulis buku Food as Medicine. Mengonsumsi satu cangkir pepaya beberapa kali seminggu akan membantu merejuvenasi sistem pencernaan. Enzim dalam pepaya, yaitu papain, akan membantu memecah protein dalam saluran cerna.

Sementara itu, serat yang terkandung pada pepaya akan membantu mendorong makanan melalui usus serta memperbaiki pola buang air besar. Kalau bosan disantap langsung, cobalah buat smoothie. Caranya, campurkan pepaya dengan nanas (yang juga mengandung enzim pencernaan), bubuk protein, es, dan susu almond.

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved