Ini Manfaat Ikan Salmon Buat Anak

Bagi ibu-ibu yang punya bayi dan balita, memasukkan menu ikan salmon sepertinya menjadi hal yang membanggakan.

Palmerah, Wartakotalive.com

Bagi ibu-ibu yang punya bayi dan balita, memasukkan menu ikan salmon sepertinya menjadi hal yang membanggakan. Ikan salmon terkenal dengan kandungan DHA, omega 3, vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12 yang bermanfaat untuk kecerdasan.

Sayangnya karena berasal dari perairan laut dalam, ikan salmon harganya cukup mahal bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, harga mahal bisa terbayar jika manfaat yang didapat juga bernilai tinggi.

Menurut ahli gizi Rita Ramayulis DCN MKes, ikan salmon sangat bermanfaat selama proses kehamilan serta membantu meningkatkan kecerdasan anak dan menjaga kesehatan jantung.

"Anak yang mengonsumsi dua-tiga porsi salmon setiap minggu (setara dengan 200 mg DHA) lebih sanggup berkonsentrasi dibanding anak yang tidak mengonsumsi ikan salmon," kata Rita saat menjadi pembicara dalam talkshow mengenai "Fakta Gizi dan Manfaat Ikan Salmon" di Main Atrium Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (6/7).

DHA merupakan singkatan dari Docosahexaenoic Acid, zat esensial untuk pertumbuhan otak.

Sedangkan pada ibu hamil, ikan salmon juga sangat bermanfaat. Baik buat si ibu maupun janin. Disarankan ibu hamil mulai masa kehamilan 20 minggu, bisa mengonsumsi dua porsi salmon setiap minggunya (setara 200-300 mg DHA). Manfaatnya dapat mempertahankan antioksidan pada ibu hamil, menurunkan risiko pertumbuhan abnormal pada janin, dan menurunkan depresi secara konsisten hingga enam poin setelah persalinan.

Sementara bagi janin, mengutip penelitian Helland Et Al 2001,2003, anak-anak dari ibu yang mengonsumsi 2.000 mg DHA per hari dari minyak ikan selama tiga bulan terakhir memiliki skor IQ lebih tinggi ketika berusia empat tahun. Tingginya kinerja kognitif bayi berhubungan nyata dengan tingginya konsumsi ikan laut ibu selama kehamilan hingga persalinan.

Dalam kesempatan itu, Rita juga meluruskan mitos atau kekhawatiran terhadap ikan yang mengandung merkuri yang tidak boleh dikonsumsi manusia. Menurut dia, ikan yang mengandung merkuri masih dapat dikonsumsi manusia selama dalam batasan yang aman.

Ikan salmon merupakan salah satu ikan dengan kadar merkuri yang sangat rendah karena hidup di laut dalam. Sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Apalagi ikan yang hidup di lautan Norwegia dimana air lautnya lebih dingin yang menyebabkan ikan salmon lebih besar dibandingkan ikan salmon yang hidup di laut bersuhu normal.

Namun jika tidak bisa mengonsumsi ikan salmon, tidak perlu khawatir. Karena tidak ada satu jenis makanan yang superior. Terpenting memasukan makanan yang bervariasi dan lengkap. Untuk sumber DHA terbaik adalah Air Susu Ibu (ASI). Ikan kembung salah satu sumber protein hewani yang juga mengandung DHA tinggi, telur dan juga daging. (lis)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved