• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Wartakota
Home » Warta »

SBY Saksikan Lomba Cipta Seni Anak Nasional 2013

Minggu, 7 Juli 2013 15:46 WIB

Cipanas, Wartakotalive.com

Sehari setelah merayakan ulang tahun Ibu Negara Ani Yudhoyono di Istana Kepresidenan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (6/7), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarganya tetap berada di istana tersebut. Mereka menyaksikan Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) Tahun 2013.

LCSAN 2013 berlangsung di Hutan Jati Putih, kawasan hutan lindung yang terletak di belakang Istana Cipanas itu. Digelar bersama oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemneparekraf) LCSAN tahun ini telah memasuki tahun ke-8.

Presiden yang didampingi Ibu Negara, Mendikbud Muhammad Nuh dan Menparekraf Mari Elka Pangestu dan Menseneg Sudi Silalahi sempat terlihat berkeliling untuk melihat-lihat 231 siswa dari 33 provinsi yang berlomba. Mereka terdiri dari siswa SD dan SMP yang menjadi utusan terpilih setiap provinsi.

LCSAN 2013 mempertandingkan lima bidang lomba, yakni Lukis, Cipta Puisi, Cipta Lagu, Membatik dan Desain Motif Batik. Setiap mata lomba dikelompokkan dalam satu tenda.

Setelah melihat-lihat dan menyaksikan hasil karya para peserta lomba SBY sempat melontarkan pujiannya dan rasa bangganya. Bahkan dia sempat menyatakan dirinya pasti akan kesulitan memilih juaranya karena hasil karya para peserta bagus-bagus.

"Bagus, bagus. Bagus-bagus semua. Kalau saya jurinya, pasti tidak mudah memilihnya," katanya tentang hasil lomba yang dimulai sejak pukul 08.00 itu

Namun sebelumnya terlihat pemandangan yang menarik saat SBY dan rombongan berkunjung ke tenda Lomba Cipta Lagu. Rana, perserta dari Provinsi Riau mendapatkan kesempatan mempertunjukkan kebolehannya dalam mencipta dan menyanyikan lagu.

Rana yang berasal dari Kabupaten Bengkali ini menciptakan lagu bertema kebakaran hutan dan dia beri judul "Paru Dunia".

Menurutnya lagu tersebut mendapatkan inspirasi dari pengalamannya menghadapi terbakarnya hutan di daerahnya. Dia juga sempat berkisah di hadapan Presiden dan rombongan tentang suasana yang terjadi saat bencana asap  menimpa daerahnya.

"Dulu kami sering diliburkan dari sekolah. Soalnya matahari tidak terlihat (saat bencana asap memenuhi udara)," katanya sambil memuji SBY karena instruksi Presiden untuk memadamkan api membuat masyarakat bisa menghirup udara yang bersih lagi.

SBY sendiri terlihat menikmati lagu berjudul "Paru Dunia" ciptaan Rana yang mendemosntrasikannya di depan sang Presiden. "Bagus, bagus. Saya bangga pada kalian," tutur Presiden yang juga dikenal sebagai pencipta lagu dan sudah melahirkan album ini.

Selain singgah ke tenda Lomba Cipta Lagu, SBY dan rombongan juga menyinggahi tenda Lomba Cipta Puisi dan lomba-lomba lainnya. Dia juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa peserta lomba.

Setelah menyaksikan dan berbicara dengan peserta lomba, Presiden dan rombongan memberikan kesempatan berofoto bersama kepada mereka. Anak-anak pun menyambutnya dengan antusias karena mereka juga sempat bersalaman dengan Presiden dan Ibu Negara.

Sehari sebelumnya Presiden bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono bersama keluarganya telah berada di Istana Kepresidenan Cipanas untuk mengadakan acara syukuran ulang tahun Ani Yudhoyono yang genap berusia 61 tahun.

Acara ini ditandai dengan peluncuran dua buku perempuan bernama asli Kristiani Herrawati tentang kekayaan hayati nusantara. Kediua buku itu masing-masing berjudul, '3.500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia' dan 'Koleksi Tanaman Herbalia Istana Cipanas'.

Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Privacy Policy
Atas