Memilih Tinta Printer Perlu Cermat

Pemalsuan produk yang sudah banyak menyebar saat ini merugikan pihak HP maupun pelanggan.

Jakarta, Wartakotalive.com

Mesin cetak atau printer tidak dapat terlepas dari kehidupan kita sehari-hari, dari anak sekolah hingga kantoran memerlukan printer untuk mencetak file atau gambar untuk keperluan tugas atau pekerjaan.

Untuk mencetak , tentu saja kita memerlukan tinta printer. Banyak dari kita yang kurang peka dalam memilih tinta printer, sehingga berisiko dapat merusak printer.

HP, salah satu produsen printer, Kamis kemarin, mengadakan suatu seminar untuk mengimbau pelanggan mereka agar hati-hati dalam memilih tinta. Banyak dari kita yang tergiur dengan harga tinta yang lebih murah, namun keasliannya tidak terjamin. Survei di Cina mengatakan, 58% orang tidak dapat membedakan tinta yang asli dan yang palsu. Akibatnya, akan lebih mahal dibandingkan kita memakai tinta yang asli, sebagaimana dilansir Chip.

HP menyampaikan dengan 3K , kita dapat membedakan produk asli dan palsu, yaitu Kualitas, Kemasan, dan Kocek. Kualitas tinta palsu akan jauh di bawah tinta asli dari ketepatan warnanya, banyak cetakan yang dihasilkan.

Dari kemasan juga dapat dilihat, jika kemasan sudah ada tanda rusak atau warna pudar, berarti tinta tersebut palsu. Yang terakhir kocek, misalnya tinta HP dijual dengan harga Rp88.000, dan ada ada yang menjualnya Rp 70 ribu. Hal ini patut dicurigai karena HP tidak pernah melakukan promosi besar-besaran pada produk tintanya.

HP juga sudah mengembangkan teknologi pada kemasannya. Terdapat logo HP dan QR Code atau security number yang dapat dicek keasliannya dengan memindai kode tersebut. Pemalsuan produk yang sudah banyak menyebar saat ini merugikan pihak HP maupun pelanggan. Maka dari itu, kita harus cermat memilih barang dan selalu menggunakan produk orisinil dari produk tersebut.

Editor: Siswanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved