Lebak Diusulkan Calon Ibu Kota RI

Ibu Kota Negara (Indonesia) layak pindah ke Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, karena memiliki beberapa keunggulan sebagai daerah penyangga juga mudah ditempuh oleh angkutan kereta api

Lebak, Wartakotalive.com

Ibu Kota Negara (Indonesia) layak pindah ke Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, karena memiliki beberapa keunggulan sebagai daerah penyangga juga mudah ditempuh oleh angkutan kereta api maupun kendaraan umum. "Kita sudah siap mengusulkan Kecamatan Maja menjadi alternatif sebagai Ibu Kota Negara dengan areal seluas 5.250 hektare," kata Bupati Mulyadi Jayabaya di Rangkasbitung, Selasa (29/1).

Ia mengatakan, sejauh ini wacana pemindahan Ibu Kota Negara ramai dibicarakan ketika Jakarta dilanda banjir. Namun, wacana itu hingga kini belum ada realisasinya dari pemerintah. Sebab Kecamatan Maja lahannya seluas 5.250 hektare dan sebagian besar milik Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). "Saya kira untuk pembebasan lahan di Kecamatan Maja begitu mudah karena milik pemerintah itu," katanya.

Menurut dia, lokasi pemindahan Ibu Kota Negara di Kecamatan Maja bisa menanggulangi kemacetan dan banjir di Jakarta. Selama ini, kata dia, antrean kendaraan semakin parah sehingga perlu adanya pemindahan Ibu Kota Negara.

Kelebihan Ibu Kota RI jadi pindah ke Kecamatan Maja jika pemerintah pusat memanggil menteri atau instansi lain untuk datang, maka komunikasi dan transportasi relatif dekat. Jarak tempuh Kecamatan Maja dan Jakarta kurang lebih 60 kilometer jika ditempuh kendaraan roda empat hanya satu jam. Sarana angkutan begitu mudah melalui jalan tol Balaraja maupun rel ganda "double treck".

Selain itu juga kelebihan Kecamatan Maja dikenal sebagai daerah relatif aman dari ancaman berbagai bencana alam, seperti banjir, gempa tektonik serta bebas tsunami karena tidak memiliki pantai. "Saya kira banyak keuntungannya jika pemerintah pusat mau serius untuk pindah Ibu Kota RI ke Kecamatan Maja," ujarnya menjelaskan.

Ia menyebutkan, pihaknya sejauh ini masih menunggu keseriusan pemerintah pusat untuk memindahkan Pusat Ibu Kota Negara RI ke Kecamatan Maja. Pemerintah daerah akan mendorong jika Ibu Kota Negara RI pindah ke Lebak guna mengatasi kebanjiran dan kemacetan kendaraan. "Kami berharap Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bisa memastikan pindah Ibu Kota RI ke Kecamatan Maja," katanya.

Sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Lebak menilai sangat layak Kecamatan Maja dijadikan ibu kota negara karena jarak tempuh ke Jakarta relatif dekat sehingga memudahkan komunikasi dengan kementerian maupun instansi lain. "Saya menilai seharusnya ibu kota negara RI pindah ke Kecamatan Maja sebagai daerah bebas berbagai ancaman bencana alam," kata Bahtiar, seorang aktivitis mahasiswa di Kabupaten Lebak. (Ant/tat)

Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved