Rio Moreno Rilis Album Jazz Latin

Sebagai wujud eksistensinya sebagai musisi plus kecintaan pada musik latin, dia merilis album jazz latin berjudul "El Montuno".

Kebayoran Baru, Wartakotalive.com

Di kalangan komunitas jazz, nama Rio Moreno (42) tidaklah asing di telinga. Ya, pria asal Bandung, Jawa Barat ini dikenal sebagai pianis latin jazz. Sebagai wujud eksistensinya sebagai musisi plus kecintaan pada musik latin, dia merilis album jazz latin berjudul "El Montuno".

Menurut Rio, debut album ini berisi delapan lagu. Rencananya dipasarkan secara internasional sebagai langkah awal untuk membawa musiknya dalam lingkup global. "Saya bermaksud melempar album  ini secara internasional, saya berharap album ini bisa diterima," kata Rio saat merilis album perdananya di Smoke House, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (2/12) malam.

Delapan lagu yang digarap Rio, salah satunya berjudul "Moving Mind". Lagu ini didedikasikan khusus untuk almarhum Elfa Secioria. Liriknya berceritakan tentang sosok Elfa yang memberikan banyak karyanya bagi musik Indonesia dan tak pernah berhenti membuat sesuatu.

"Saya sangat mengagumi sosok seorang Elfa Secioria sebagai seorang arranger hebat yang telah memenangkan 8 gelar di olympiade choir tingkat dunia,"kata Rio. Melalui album ini pula, pria berkaca mata minus ini ingin memasyarakatkan musik jazz di Tanah Air.

"Saya yakin apresiasi masyarakat terus meningkat. Saya coba memainkan musik yang saya bisa dan saya suka supaya bisa dinikmati masyarakat juga," kata pria yang dalam bermusik latin jazz-nya terinspirasi musisi latin jazz dunia seperti Michel Camilo dan Arturo Sandoval.

Pengalaman bermusik pria bernama lengkap Rio Moreno Rusadi dimulai saat dibangku SMA ikut membentuk grup musik Candika. Kemudian dia diajak sang ayah, ikut mendukung grup musik latin Los Morenos.

Dari Los Morenos iapun lantas ikut mendukung Los Morenitos yang dianggap sebagai "anak" dari Los Morenos. Selain itu, Rio juga sempat mendukung kelompok Cherokee bersama Harry Toledo, Tri Agus Mantoro, Iwan Miradz dan Kadek Rihardika. Bersama Cherokee merilis album "Inner Beauty" (2003).

Bersama Los Morenos, pengalaman spesial dirasakan Rio adalah didapuk tampil di istana presiden, mulai dari era Soeharto, BJ Habibie, Gus Dur hingga Megawati Soekarnoputri.

Editor: Rendy Adrikni Sadikin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved